MARITO SUKSES

Rabu, 15 Februari 2012

PERKEMBANGAN MASA KANAK-KANAK SAMPAI MASA REMAJA



A.    Perkembangan Masa Kanak-Kanak
1.      Perkembangan Fisik
Perkembangan fisik anak ditandai dengan hilangnya ciri-ciri perut yang menonjol, seperti halnya kaki dan tubuh yang berkembang lebih cepat daripada kepala mereka. Masa ini anak-anak juga mengalami perkembangan yang menunjuk sebelah sisi tubuh, hal ini bisa dilihat ketika mereka menggunakan tangan yang satu lebih cepat dari yang lain.

2.      Kemampuan Kognitif
Menurut Piaget ada beberapa tahapan perkembangan kognitif yang terjadi selama masa kanak-kanak sampai remaja, yaitu Sensori-motorik (0-2 tahun), Praoperasional (2-7 tahun), Operasional (7-11 tahun), Operasional Formal (11 thn-dewasa).

3.      Perkembangan Bahasa
Pada mulanya, anak hanya mengucapkan satu kata, misalnya pergi,naik,atau jalan. Setelah itu mereka mulai mengatur kata-kata dalam kalimat dengan menggunakan dua kata yang sederhana yang disebut telegraphic speech, seperti papa pergi, ingin minum. Tahap selanjutnya anak mulai belajar tata bahasa dan aturan-aturan dalam membuat kalimat yang lebih kompleks dan juga memakai nada suara tinggi rendah.

4.      Perkembangan Sosioemosional
Perkembangan sosial pada masa kanak-kanak tumbuh dari hubungan mereka yang erat dengan orang tua atau pengasuh-pengasuh lain, termasuk anggota keluarga. Interaksi sosial diperluas dari rumah ke tetangga, dan dari taman kanak-kanak ke sekolah dasar.

5.      Perkembangan Moral
Belajar berperilaku merupakan salah satu tugas perkembangan yang penting di masa kanak-kanak. Seperti kita ketahui, anak-anak berbeda dengan orang dewasa dalam hal perkembangan kognitif dan pribadi. Mereka juga berbeda dalam hal pertimbangan moral. Di sini ada dua orang tokoh yakni Piaget dan Kohlberg yang mengemukakan tentang teori perkembangan moral.

6.      Pengajaran sebelum Sekolah dan di Taman Kanak-Kanak
a.       Mendorong Perkembangan Kognitif dan Bahasa
Di sini guru dapat mendorong anak-anak untuk melakukan kegiatan yang bersifat seni yang diperlukan untuk mengerti bahasa simbolik. Selain itu guru juga dapat mendorong keterlibatan anak-anak dengan membacakan suatu cerita atau hal-hal yang bersifat ilmiah.

b.      Mendorong Perkembangan Sosioemosional
Guru memberikan berbagai macam bahan pelajaran berupa boneka,balok-balok,pensil berwarna,dan ruang bermain yang mendorong untuk bermain bersama.

7.      Pengajaran di Sekolah Dasar
Satu prinsip yang penting adalah bahwa sebagian besar anak-anak di SD masih dalam tahap perkembangan emosional konkret. Karena itu, mereka kurang mampu untuk berpikir abstrak seperti masa remaja.

B.     Perkembangan Masa Pra-remaja
1.      Perkembangan Fisik
Selama di sekolah dasar, perkembangan fisik anak-anak tumbuh lebih lambat dibandingkan ketika mereka memasuki masa kanak-kanak. Anak-anak pada masa ini mengalami perubahan yang relatif sedikit.

2.      Perkembangan Kognitif
Berpikir logis adalah sifat-sifat atau ciri-ciri pada masa ini. Anak-anak dapat membayangkan hasil ramalan secara tepat, meskipun dicoba oleh ahli-ahli psikologi perkembangan.

3.      Perkembangan Sosioemosional
Selama masa ini, banyak orang-orang atau lembaga yang telah mempengaruhi sosial anak-anak. Di antara mereka adalah keluarga, teman sebaya, sekolah, maupun tayangan televisi. Pada masa ini hubungan antar teman menjadi sangat penting dalam membuat suatu kelompok atau sebuah persahabatan.

C.    Perkembangan Selama Masa Remaja
1.      Perkembangan Fisik
Pubertas adalah suatu rangkaian perubahan fisik yang membuat organisme secara matang mampu berproduksi. Hampir setiap organ dan sistem tubuh dipengaruhi oleh perubahan ini.

2.      Perkembangan Kognitif
Selain perubahan tubuh pada pubertas, otak dan fungsi otak juga berubah. Indikasinya bisa dilihat dari skor tes intelegensi yang besar melebihi beberapa tahun dari umur yang seharusnya. Dalam teori Piagetian mereka menilai, pengalaman dengan masalah yang kompleks, tuntutan dari pengajaran formal, dan tukar menukar ide yang berlawanan dengan kelompok remaja.

3.      Perkembangan Sosioemosional
Remaja mulai melihat lebih dekat diri mereka sendiri untuk mendefinisikan bahwa diri mereka berbeda. Mereka mulai menggunakan keterampilan intelektualnya dalam memutuskan kemungkinan-kemungkinan,sehingga mudah menjadi tidak puas dengan diri mereka sendiri.
a.       Identitas
1)      Mereka menaruh perhatian besar pada cara orang lain memandang mereka
2)      Mereka mencari sesuatu yang sudah berlalu
3)      Mereka bertindak pada perasaan dan mengekspresikan kepercayaan serta pendapatnya
b.      Otonomi
c.       Penyesuaian Diri
d.      Perkembangan Pribadi
e.       Keintiman
f.       Hubungan dengan Kelompok Teman Sebaya
g.      Berkencan


4.      Pengajaran di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas
a.       Mendorong Perkembangan Kognitif
b.      Mendorong Perkembangan Sosioemosional
c.       Mendorong Perkembangan Pribadi dan Perkembangan Sosial

5.      Masalah-Masalah Remaja
a.       Kenakalan Remaja
b.      Gangguan Emosi
c.       Penyalahgunaan Obat Bius dan Alkohol
Kehamilan

0 komentar:

Poskan Komentar