MARITO SUKSES

Rabu, 15 Februari 2012

KETERAMPILA MENGAJAR



Keterampilan mengajar bukanlah hereditas, melainkan hasil dari pengalaman. Walaupun demikian, kita dapat menggunakan informasi-informasi dari orang lain yang telah mengembangkan belajar dari pengalaman mereka sendiri. Psikologi pendidikan bermaksud untuk menerapkan psikologi ke dalam proses yang membawa pengubahan tingkah laku, dengan kata lain untuk mengajar. Sedangkan arti psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tentang belajar, pertumbuhan, dan kematangan individu serta penerapan prinsip-prinsip ilmiah terhadap reaksi manusia yang nantinya mempengaruhi proses belajar-mengajar.
A.    Keputusan yang Dibuat Guru
1.      Tugas Mengajar
2.      Tingkah Laku Siswa
3.      Tingkah Laku Guru

B.     Bidang-Bidang Kompetensi Guru Pada Umumnya
1.      Memiliki Pengetahuan Tentang Teori Belajar dan Tingkah Laku Manusia
2.      Menunjukkan Sikap dalam Membantu Siswa Belajar dan Memupuk Hubungan dengan Manusia lain Secara Tulus
3.      Menguasai Mata Pelajaran yang Diajarkan
4.      Mengontrol Keterampilan Teknik Mengajar sehingga Memudahkan Siswa Belajar

C.    Mengajar sebagai Seni dan Ilmu Pengetahuan
1.      Peranan Guru
a.       Guru sebagai ahli Instruksional
b.      Guru sebagai Motivator
c.       Guru sebagai Manajer
d.      Guru sebagai Konselor
e.       Guru sebagai Model
2.      Peranan Psikologi Pendidikan
a.       Kebutuhan akan Pendekatan Ilmiah Bukan sekadar masuk akal
b.      Menggunakan Penelitian untuk Menyelesaikan Masalah di kelas
c.       Teori untuk Mengajar
































0 komentar:

Posting Komentar