MARITO SUKSES

Kamis, 25 Agustus 2011

PROBLEM CHECKLIST


PROBLEM CHECK LIST
JAWABLAH DENGAN JUJUR MASALAH-MASALAH BERIKUT INI SESUAI DENGAN YANG ANDA ALAMI 

NAMA                        : …………………………………………………………………………
KELAS                       : ……………………………………………………………………….
NO. ABSEN               : ……………………………………………………………………….
JENIS KELAMIN     : ………………………………………………………………………
ASAL SEKOLAH     : ………………………………………………………………………..
HARI/TANGGAL     : …………………………………………………………………………

LANGKAH PERTAMA :
Bacalah dengan seksama daftar berikut ini, berilah tanda silang (X) pada nomor-nomor masalah yang tersedia sesuai dengan yang anda keluhkan atau anda alami :
I.       MASALAH PRIBADI
1
Merasa rendah diri                                                              
2
Mudah Tersinggung
3
Bisa menerima kritikan dari orang lain
4
Mudah marah
5
Tidak penyabar
6
Mudah bosan
7
Mudah putus asa
8
Mudah lupa
9
Tidak bisa mengungkapkan perasaan dengan kata-kata
10
Bersifat tertutup
11
Tidak senang menceritakan masalah pada orang lain
12
Mudah menyalahkan diri sendiri
13
Merasa tidak punya kelebihan
14
Ingin tampil lebih menarik dari teman yang lain
15
Hanya bisa menangis ketika mengalami masalah
16
Tidak bisa menerima kritikan dari orang lain

II.    MASALAH HUBUNGAN SOSIAL
1
Tidak senang berteman dengan teman yang ugal-ugalan
2
Tidak suka berteman dengan teman yang lebih kaya
3
Tidak suka berteman dengan teman yang miskin
4
Saya suka membantu teman yang mengalami kesulitan
5
Saya suka berteman dengan semua teman di sekolah
6
Saya sulit bergaul dengan teman di lingkungan sekolah
7
Saya sulit bekerja sama dengan teman sekelas saya
8
Susah bergaul atau menyesuaikan diri
9
Sering gagal dalam usaha mencari teman
10
Sulit menyesuaikan diri dengan teman baru
11
Merasa tidak disenangi dengan teman di kelas
12
Jarang di ajak bermain dengan teman-teman















III. MASALAH KEGIATAN BELAJAR
1
Saya mendiskusikan pelajaran yang sulit dengan kelompok belajar saya
2
Saya berusaha mengerjakan PR meskipun sulit
3
Saya mengumpulkan tugas tepat waktu
4
Apabila nilai saya jelek saya belajar lebih giat lagi
5
Saya belajar jika ingin ulangan saja
6
Saya belajar tidak teratur waktunya
7
Saya belajar pada malam hari saja
8
Saya sulit konsentrasi pada waktu belajar
9
Saya sulit mengingat pelajaran yang telah di hafal
10
Saya merasa sering malas belajar
11
Kalau belajar sering mengantuk
12
Belajar dengan cara menghafal
13
Belajar dengan cara membuat ringkasan
14
Sering menyalin pekerjaan teman
15
Tidak dapat menerapkan cara belajar yang baik


IV. MASALAH KARIR (MASA DEPAN / PEKERJAAN)
1
Cita-cita saya tidak sesuai dengan kemampuan yang saya miliki
2
Cita-cita saya tidak sesuai dengan harapan orang tua
3
Cita-cita saya sesuai dengan kemampuan saya
4
Orang tua saya mendukung cita-cita saya
5
Orang tua saya tidak mau tau mengenai cita-cita saya
6
Saya merasa bingung dalam menentukan pilihan untuk masa depan saya
7
Saya Ingin mengetahui bakat dan kemampuan diri sendiri
8
Kedua rang tua saya keras dalam mengarahkan cita-cita saya
9
Setelah tamat sekolah saya ingin melanjutkan sekolah lagi
10
Setelah saya tamat sekolah saya ingin langsung bekerja


LANGKAH KEDUA :
Dari masalah-masalah tersebut yang sudah kamu pilih masalah mana sajakah yang kamu rasakan sangat berat atau sangat mengganggu dalam diri kamu, cantumkanlah atau tuliskan nomor-nomor masalah yang sangat berat atau sangat mengganggu itu pada lembar berikut :

I.       Masalah pribadi pada nomor :………, ……, ……., ………,……..,
II.    Masalah hubungan sosial pada nomor :………, ……, ……., ………,……..,
III. Masalah kegiatan belajar pada nomor :………, ……, ……., ………,……..,
IV. Masalah karir (masa depan / pekerjaan) pada nomor :………, ……, …….,……..,






LANGKAH KETIGA :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas sesuai dengan yang anda alami dan tuliskanlah jawaban anda pada lembaran jawaban yang tersedia :
1.      Masalah-masalah apakah yang menurut kamu belum tercantum pada uraian di atas. tuliskan!!!
2.      Masalah apa yang sedang kamu hadapi saat ini?
3.      Dengan siapa kamu curhat apabila kamu mempunyai masalah?
4.      Jika kamu mendapat masalah apa yang biasanya kamu lakukan?
5.      Jika kamu mempunyai masalah apakah kamu bersedia membicarakannya bersama guru pembimbing?

URAIKAN DENGAN SINGKAT!!

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………....
..................................................................................................................................................                                             ..................................................................................................................................................            

 

0 komentar:

Posting Komentar